Nama : Ricky Aditya
NIM : 08030056
jangkrik_15@yahoo.com
PESAWAT MENDARAT DISEBUAH BANDARA
Saya sengaja membuat dalam durasi yg pendek dikarenakan proses rendering membutuhkan waktu yg sangat lama.
Buat badan pesawat
- Pilih create
- Standard primitives
- Lalu pilih box
Buat box dengan parameters length: 100 , heigth: 100 , width: 100.
Setelah itu klik kanan pada box
- Convert to editable poly
- Pilih vertex
- Lalu di atur ukuran kotak menjadi 4 semua
- Tekan F3 untuk melihat garis kotak-kotaknya
Buat moncong pesawat dengan cara blok kotak bagian depan ,lalu klik kanan , convert to editble poly, pilih menu modify,setelah itu tarik garisnya dan bentuk menyerupai moncong pesawat. Kreasikan hingga menyerupai aslinya atau sesuai imajinasi kita.
Buat sayap utama pesawat dengan cara sama seperti membuat moncong pesawat, cara blok bagian tengah kotak lalu klik kanan , convert to editble poly, pilih menu modify,setelah itu tarik garisnya dan bentuk menyerupai sayap pesawat. agar lebih mudah ,maka buat saja hanya satu sisi.
Buat sayap ekor pesawat dengan cara sama seperti membuat sayap utama pesawat, cara blok bagian belakang kotak lalu klik kanan , convert to editble poly, pilih menu modify,setelah itu tarik garisnya dan bentuk menyerupai sayap pesawat. agar lebih mudah ,maka buat saja hanya satu sisi. Dapat juga menggunakan bantuan ikon Select and uniform scale untuk membuat lubang gas belakang pesawat
Buat Turbin pesawat
Untuk badan Turbin :
- Pilih create
- Standard primitives
- Pada object type, Lalu pilih cilinder
Untuk ujung Turbin :
- Pilih create
- Standard primitives
- Pada object type ,Lalu pilih cone
- Setelah itu gunakan bantuan ikon Select and uniform scale untuk menentukan kelancipan ujung Turbin dan lubang bagian belakang Turbin
Untuk memperbanyak turbin dapat dengan cara :
- Aktifkan Turbin
- Klik kanan ,pilih clone
- Pada pilihan object pilih instance , Pada pilihan controller pilih copy
- Klik ok
Susun atau tempelkan Turbin-Turbin pada sayap pesawat.
Setelah jadi setengah bagian dari pesawat, maka langkah selanjutnya yaitu menyamakan sisi kanan dan kiri pesawat agar jadi peswat utuh.
Caranya:
- Blok sisi pesawat
- Lalu klik ikon modify
- Pada modifier list, pilih mirror
Setelah jadi bentuk pesawat utuh , selanjutnya dapat kita perhalus permukaan peasawat dengan Cara:
- Aktifkan pesawat pesawat
- Lalu klik ikon modify
- Pada modifier list, pilih smooth
Dapat juga memilih smooth maupun meshsmooth sesuai keinginan kita.
Atur dan susun posisi pesawat dengan Turbin. Dapat menggunakan tombol pane move(untuk memindahkan letak peasawat dan orbit(untuk memutar pesawat).
Membuat Landasan pesawat terbang dengan cara :
- Pilih box , lalu buat landasan yg panjang sebagai tempat mendarat.
- Klik menu rendering Material Editor atau langsung tekan M
- Setelah muncul jendela material editor,tekan ikon “:show standart map”
- Pilih menu map, lalu double klik pada none bitmap setelah itu pilih gambar jalan raya
- Drag bola yg sudah terisi texture ke objek yg akan diberi texture.
Membuat background langit dengan cara :
- Pilih box , lalu buat dinding yg lebar sebagai tempat background.
- Klik menu rendering Material Editor atau langsung tekan M
- Setelah muncul jenddela material editor,tekan ikon “:show standart map”
- Pilih menu map, lalu double klik pada none bitmap setelah itu pilih gambar langit
- Drag bola yg sudah terisi texture ke objek yg akan diberi texture.
Lakukan hal yg sama untuk membuat
RENDERING menjadikan format .avi :
- Klik menu rendering render setup atau langsung klik F10
- Pada time output pilih range 0 to 100
- Pada render output klik files..
- Ketik nama file dan pilih format penyimpanan “.AVI”
- Save
- Klik RENDER
NIM : 08030056
jangkrik_15@yahoo.com
PESAWAT MENDARAT DISEBUAH BANDARA
Saya sengaja membuat dalam durasi yg pendek dikarenakan proses rendering membutuhkan waktu yg sangat lama.
Buat badan pesawat
- Pilih create
- Standard primitives
- Lalu pilih box
Buat box dengan parameters length: 100 , heigth: 100 , width: 100.
Setelah itu klik kanan pada box
- Convert to editable poly
- Pilih vertex
- Lalu di atur ukuran kotak menjadi 4 semua
- Tekan F3 untuk melihat garis kotak-kotaknya
Buat moncong pesawat dengan cara blok kotak bagian depan ,lalu klik kanan , convert to editble poly, pilih menu modify,setelah itu tarik garisnya dan bentuk menyerupai moncong pesawat. Kreasikan hingga menyerupai aslinya atau sesuai imajinasi kita.
Buat sayap utama pesawat dengan cara sama seperti membuat moncong pesawat, cara blok bagian tengah kotak lalu klik kanan , convert to editble poly, pilih menu modify,setelah itu tarik garisnya dan bentuk menyerupai sayap pesawat. agar lebih mudah ,maka buat saja hanya satu sisi.
Buat sayap ekor pesawat dengan cara sama seperti membuat sayap utama pesawat, cara blok bagian belakang kotak lalu klik kanan , convert to editble poly, pilih menu modify,setelah itu tarik garisnya dan bentuk menyerupai sayap pesawat. agar lebih mudah ,maka buat saja hanya satu sisi. Dapat juga menggunakan bantuan ikon Select and uniform scale untuk membuat lubang gas belakang pesawat
Buat Turbin pesawat
Untuk badan Turbin :
- Pilih create
- Standard primitives
- Pada object type, Lalu pilih cilinder
Untuk ujung Turbin :
- Pilih create
- Standard primitives
- Pada object type ,Lalu pilih cone
- Setelah itu gunakan bantuan ikon Select and uniform scale untuk menentukan kelancipan ujung Turbin dan lubang bagian belakang Turbin
Untuk memperbanyak turbin dapat dengan cara :
- Aktifkan Turbin
- Klik kanan ,pilih clone
- Pada pilihan object pilih instance , Pada pilihan controller pilih copy
- Klik ok
Susun atau tempelkan Turbin-Turbin pada sayap pesawat.
Setelah jadi setengah bagian dari pesawat, maka langkah selanjutnya yaitu menyamakan sisi kanan dan kiri pesawat agar jadi peswat utuh.
Caranya:
- Blok sisi pesawat
- Lalu klik ikon modify
- Pada modifier list, pilih mirror
Setelah jadi bentuk pesawat utuh , selanjutnya dapat kita perhalus permukaan peasawat dengan Cara:
- Aktifkan pesawat pesawat
- Lalu klik ikon modify
- Pada modifier list, pilih smooth
Dapat juga memilih smooth maupun meshsmooth sesuai keinginan kita.
Atur dan susun posisi pesawat dengan Turbin. Dapat menggunakan tombol pane move(untuk memindahkan letak peasawat dan orbit(untuk memutar pesawat).
Membuat Landasan pesawat terbang dengan cara :
- Pilih box , lalu buat landasan yg panjang sebagai tempat mendarat.
- Klik menu rendering Material Editor atau langsung tekan M
- Setelah muncul jendela material editor,tekan ikon “:show standart map”
- Pilih menu map, lalu double klik pada none bitmap setelah itu pilih gambar jalan raya
- Drag bola yg sudah terisi texture ke objek yg akan diberi texture.
Membuat background langit dengan cara :
- Pilih box , lalu buat dinding yg lebar sebagai tempat background.
- Klik menu rendering Material Editor atau langsung tekan M
- Setelah muncul jenddela material editor,tekan ikon “:show standart map”
- Pilih menu map, lalu double klik pada none bitmap setelah itu pilih gambar langit
- Drag bola yg sudah terisi texture ke objek yg akan diberi texture.
Lakukan hal yg sama untuk membuat
RENDERING menjadikan format .avi :
- Klik menu rendering render setup atau langsung klik F10
- Pada time output pilih range 0 to 100
- Pada render output klik files..
- Ketik nama file dan pilih format penyimpanan “.AVI”
- Save
- Klik RENDER
kalau video tidak dapat dilihat coba akses alamat ini : http://www.youtube.com/watch?v=7eflgtsCee4
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.