Artikel tentang pemrograman dengan menggunakan Bahasa Pascal ini
merupakan kelanjutan dari seri pemrogrman pascal pada blog ini. Ada beberapa cara untuk membaca atau menampilkan data pada layar. Seperti Read dan Readln untuk membaca input dari keyboard, atau write dan Writeln untuk menampilkan data di layar.
Sintak untuk membaca atau menampilkan data dari keyboard dan ke layar :
- Writeln (argumen_list); --> Writeln (‘Ilmu Komputer’);
Argumen_list dapat terdiri dari string dan variabel, untuk memisahkan menggunakan tanda koma.
Contoh
- Writeln (‘Jumlah : ‘, jmh)
Contoh kode program menggunakan write:
- Program Latihan_I/O;
- Var I : integer;
- Begin
- Writeln (‘ Nama saya adalah :’, :62)
- write(1 / 3 :8:3);
- write(1 / 4 :8:3);
- I := 9;
- Writeln (I:15)
- End.
Kode program diatas jika dijalankan akan memunculkan Nama saya adalah :, yang diakibatkan dari statment baris ke 4, selain itu, statment kode program yang menggunakan write atau writeln akan ditampilkan. Baris ke 5 dan 6 merupakan pembagian angka 1 dengan angka 3 dan 4, sedangkan baris 8, memunculkan I yang bersumber dari baris ke 7.
Contoh kode Program menggunakan write dan read :
- Program Luas_Lingkaran;
- Const Pi = 3.14;
- Var r, Luas: real;
- Begin
- Write (‘Masukkan Jari-jari Lingkaran : ’); Readln(r);
- Luas := Pi * sqr(r);
- Write (‘Maka Luas Lingkaran adalah : ‘, Luas);
- End.
Pada contoh berikutnya, kombinasi penggunaan write atau writeln yang digunakan untuk menampilkan sesuatu dilayar monitor ketika program dijalankan, sekarang dikombinasikan dengan read atau readln, yang digunakan untuk memasukkan data yang dilakukan ketika program dijalankan. Lihat baris 4, baris ini akan memunculkan kalimat saat program dijalankan MASUKKAN JARI-JARI LINGKARAN : , ketika kita memasukan angka dan menekan tombol enter, maka akan muncul kalimat dari baris 7, MAKA LUAS LINGKARAN ADALAH : , yang tentu saja proses pada baris 6 akan dikerjakan terlebih dahulu.
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.