Materi selanjutnya dalam perkulihan Algoritma dan Pemrograman adalah tentang mengubah sebuah algoritma menjadi kode program yang selanjutnya dapat dilakukan proses penerjemahan kedalam bahasa yang mudah dipahami oleh mesin/komputer. Dalam proses ini, seseorang yang melalui tahapan belajar pemrograman yang benar harus membuat algoritma dalam bentuk narasi dan flowchart terlebih dahulu sebelum mengubahnya menjadi kode program, seperti pada materi sebelumnya(klik).
Setelah algoritma narasi dan flowchart tersebut, maka pembuatan kode program (dalam bahasa c) adalah sebagai berikut :
Setelah algoritma narasi dan flowchart tersebut, maka pembuatan kode program (dalam bahasa c) adalah sebagai berikut :
- #include<stdio.h>
- main()
- {
- int a,t ;
- float luas ;
- printf("Menghitung Luas Segitiga ");
- printf("\nMasukan Alas Segitiga = ");
- scanf("%d",&a);
- printf("\nMasukan Tinggi Segitiga = ");
- scanf("%d",&t);
- luas = a * t * 0.5;
- printf("\nLuas segitiga adalah %d x % d = % d", a,t,luas);
- }
Penjelasan dari ke 13 baris kode program adalah sebagai berikut :
- Baris 1 merupakan syarat utama dalam pemrograman C dengan memasukan sebuah file header yang memiliki fungsi yang kita gunakan dalam program, antara lain printf dan scanf.
- Baris 2 merupakan ciri dari pemrograman C yaitu nama fungsi, hal ini sebagai prasyarat dalam penulisan bahasa tersebut yang mengharuskan minimal 1 buah fungsi dan bernama main().
- Baris 3 merupakan blok program pembuka dan ini akan berpasangan dengan baris 13.
- Baris 4 adalah deklarasi nama variabel dan diikuti dengan tipe datanya, hal ini mirip dengan bari ke 5, dengan menggunakan rumus segitiga dalam menyelsaikan permasalahan ini maka luas = a * t * 0.5
- Baris 1 hingga 5 merupakan implementasi dari algoritma flowchart dengan simbol MULAI.
- Baris 6 adalah menampilkan kalimat Menghitung Luas Segitiga
- Baris 7 adalah menampilkan kalimat Masukan Alas Segitiga
- Baris 8 memasukan data dari keyboard ke dalam variabel a
- Baris 9 adalah menampilkan kalimat Masukan Tinggi Segitiga
- Baris 10 memasukan data dari keyboard ke dalam variabel b
- Baris 11 adalah proses penyelsaian rumus segitiga
- Baris 12 menampilkan hasil dari perhitungan luas segitiga
- Baris 13 penutup atau selesai
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.