Wednesday, May 29, 2024

Link Aggregation Control Protocol (LACP)

LACP merupakan sebuah tekni dalam mengelola peralatan jaringan komputer berupa switch yang jumlahnya lebih dari satu dan antar switch dihubungkan dengan kabel UTP yang jumlahnya lebih dari satu seperti yang tampat pada Gambar 1. Dua dari tiga kabel yang digunakan untuk menghubungkan 2 switch tersebut berwarna oranye atau tidak terhubung karena mekanisme block yang dilakukan oleh protocol STP untuk menghindari terjadinya broadcast storm atau frame broadcast yang terus looping tanpa henti.  

Gambar 1. LACP belum aktif

Block yang dilakukan oleh STP tersebut harus dihilangkan agar ketiga kabel dapat terhubung dan mengalirkan data antar switch secara normal. Cara untuk menghilangkan block dengan memanfaatkan fasilitas grup kanal yang disediakan oleh cisco. Pengelompokan kanal secara logis ini dilakukan menggunakan LACP dengan langkah sebagai berikut :
  1. Pada switch 1 lakukan konfigurasi terminal dengan memasukan perintah int r fa0/1 - 3  kemudian diikuti dengan menuliskan perintah pada baris selanjutnya  channel-group 1 mode active
  2. Pada switch 2 juga dilakukan hal yang sama seperti pada switch 1

Jika kedua langkah itu dilakuan maka LACP akan aktif dan kedua switch akan terhubung dengan 3 kabel yang semuanya dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan perhitungan kecepatan 100mbps x 3 = 300mbps seperti yang terlihat pada Gambar 2.  

Gambar 2. LACP sudah aktif


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.